SEARCH..

form action="http://nama-blogmu.blogspot.com/search" method="get">

Selasa, 23 September 2014

Nintendo Hari Ini Genap Berumur 125 Tahun

16.37
Nintendo Hari Ini Genap Berusia 125 Tahun
Jakarta - Nintendo, perusahaan yang dikenal sebagai produsen konsol video game, hari ini genap berumur 125 tahun. Nintendo didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889. Namun mungkin tak banyak yang tahu, Nintendo dulunya memulai bisnis dari menjual permainan kartu.

Ya, permainan kartu. Nintendo memulai sepak terjangnya sebagai perusahaan permainan kartu Hanafuda pada tahun 1889. Kartu Hanafuda sebenarnya tidak diciptakan oleh Nintendo, melainkan dipopulerkan lagi oleh Nintendo pada awal tahun 1900-an. Namun ternyata peluang di bisnis itu sulit.

Misi Nintendo kemudian bergeser dan berkembang. Pada tahun 1960, Nintendo mencoba peruntungan bisnis di usaha pelayanan makanan, transportasi taksi, "hotel cinta", jaringan televisi dan segala macam usaha lain. Namun, apapun bisnis yang coba dieksplorasi oleh Nintendo, perusahaan selalu menemukan jalan kembali ke dunia video game. 

Pada awal tahun 1970-an, Nintendo pun bergerak menuju bisnis konsol video game. Nintendo mendistribusikan Magnavox Odyssey, konsol game pertama. Nintendo kemudian merilis konsol game Family Computer atau Famicom pada tahun 1983. Namun Nintendo baru merilis konsol tersebut dua tahun kemudian di Amerika Serikat melalui ajang Consumer Electronic Show (CES) tahun 1985. 

Nama Famicom diubah menjadi Nintendo Entertainment System (NES). Konsol game ini kemudian membawa Nintendo menjadi populer, terutama karena kehadiran tokoh Super Mario Bros.

Game-game yang dihadirkan di konsol NES memang unik. Selain game dari pihak ketiga, Nintendo juga mengembangkan game sendiri. Game yang dibuat Nintendo menghadirkan karakter ikonik, seperti Mario dan Luigi, Donkey Kong, Zelda dan Link, hingga Pokemon (Pocket Monster). Mario bahkan berhasil menjadi ikon dari video game pada periode tahun 1980-an dan 1990-an.

Di tahun-tahun berikutnya, perusahaan ini kemudian melahirkan semakin banyak konsol game, mulai dari Game Boy Pocket (1995), Game Boy Color (1998), Nintendo 64 (1996), Nintendo DS (2004), Nintendo Wii (2006) hingga Wii Zapper (2007) dan masih banyak lagi. 

Namun kini Nintendo tergerus oleh kompetitornya yang lain yakni Sony melalui konsol game PlayStation-nya dan Microsoft melalui Xbox-nya. Maraknya kemunculan perangkat mobile juga membuat Nintendo semakin tersingkir dari industri video game. 

Namun bagaimanapun, Nintendo dulu pernah berjaya. Selamat ulang tahun, Nintendo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar