SEARCH..

form action="http://nama-blogmu.blogspot.com/search" method="get">

Minggu, 14 September 2014

Profil J Trust Co: Perusahaan Jepang yang Beli Bank Mutiara

14 SEPTEMBER 2014
20.54

akarta - PT Bank Mutiara Tbk akhirnya dijual ke perusahaan keuangan asal Jepang J Trust Co. Ltd. Perusahaan Jepang ini menjadi pemenang tender divestasi yang diumumkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Jumat 12 September 2014. Lantas siapa J Trust Co. Ltd?
Dilansir dari laman resmi perseroan dan businessweek, Minggu (14/9/2014), J Trust Co, Ltdmerupakan perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan, real estate, sistem IT, dan bisnis hiburan yang beroperasi di Jepang dan dunia internasional. J Trust Co, Ltd didirikan pada 18 Maret 1977 dengan modal 53,5 miliar yen dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang.
Perusahaan ini didirikan oleh Ikko Shoji Co, Ltd di Minami-ku (saat ini Chuo-ku), Osaka dan memulai bisnis keuangan yang melibatkan diskon tagihan komersial, pinjaman pada catatan, dan sebagainya untuk UKM dan pemilik bisnis individu.
Perusahaan tersebut menawarkan produk keuangan dan jasa, termasuk pembiayaan konsumen dan jasa penjaminan kredit, kartu kredit, hipotek dan pinjaman tanpa agunan, serta polis manajemen dan pengumpul pinjaman.
Tak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan berbagai kebutuhan keuangan untuk konsumen lokal, dan usaha kecil dan menengah, investasi dan dukungan manajemen untuk perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang tinggi, termasuk bisnis keuangan dan hiburan.
Perusahaan ini terlibat dalam bisnis real estate melalui penjualan dan broker built-to-order dan rumah siap bangun, renovasi perumahan tangan kedua. Kemudian juga bergerak dalam perencanaan, desain, dan konstruksi dari toko hiburan.
Selain itu, mengembangkan dan mengoperasikan 66 fasilitas hiburan, serta menyediakan layanan dan ruang hiburan; mengembangkan dan menjual hiburan mesin mainan untuk derek game dan mesin penjual kapsul otomatis, menawarkan fasilitas rekreasi seperti perencanaan dan produksi produk berlisensi untuk game smartphone, operasi waralaba dengan nama 'JJ Club 100', 'Game Golden'. Serta memberikan solusi pencetakan dan melakukan bisnis sistem teknologi informasi.
Selain membeli Bank Mutiara, pada Desember 2013 J Trush Co, Ltd melalui anak usahanya, J Trust Asia Pte.Ltd, juga mengakuisisi 10 persen saham di Bank Mayapada Internasional Tbk PT yang juga merupakan bank umum Indonesia.
Per 31 Maret 2014, perusahaan secara total berhasil meraih pendapatan usaha 61.926 juta yen, dengan laba usaha sebesar 13.745 juta yen, laba bersih sebesar 11.145 juta yen dan rasio kecukupan modal sebesar 53 persen. Saat ini perusahaan tersebut dipimpin oleh Nobuyoshi Fujisawa selaku Presiden & CEO J Trust Co. Ltd. dengan jumlah karyawan sebanyak 2.322 orang.
Bank Mutiara adalah bank umum yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia dan memiliki 62 kantor cabang di seluruh Indonesia. Bank tersebut ditaksir memiliki nilai total aset sekitar Rp 13 triliun. Bank Mutiara ditempatkan di bawah Pengawasan khusus Bank Indonesia pada 6 November 2008 dan telah dikendalikan oleh LPS sejak 21 November 2008 sesuai dengan keputusan Financial Komite Stabilitas Sistem.
Pemerintah sendiri telah menyuntik Bank Mutiara sebesar Rp 6,7 triliun di tahun 2008 dan dan mendapat suntikan lagi Rp 1,249 triliun pada Desember 2013. Total dana suntikan ke Bank Mutiara oleh pemerintah hampir mencapai Rp 8 triliun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar